Selasa, 01 April 2008

Mencari permasalahan dalam silabus BK serta solusinya

Memahami permasalahan yang terjadi pada usia remaja akhir
pada tingkatan SMA


Sub Tugas Perkembangan :
Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kompetensi Yang diharapkan
1. Memiliki keyakinan dan ketaqwaan sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
1.1 memahami diri sendiri dan eksistensi diri manusia sebagai makhluk Tuhan .
1.2 Mensinergikan dzikir, fikir dan ikhtiyar

2. Memiliki dasar humaniora untuk menerapkan kebersamaan dalam kehidupan
2.1 Menyadari tugas dan kewajibannya sebagai makhluk tuhan Yang Maha Esa.
2.2 Membangkitkan rasa spiritual dan rasa bertanggung jawab untuk memikirkan peran sendiri dalam kehidupan ini.
2.3 Meningkatkan kecerdasan spiritual dengan menyadari dan mensyukuri kelebihan dan kekurangan setiap individu.
2.4 Menghiasi diri dengan sifat-sifat unggul.

Permasalahan :
1. Kecenderungan siswa malas memiliki sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Emosinya tidak terkontrol.
3. Egois.

Solusinya :
Dalam hal ini, diperlukan sikap yang kreatif dalam diri seorang guru BK untuk mensiasati siswa bagaimana agar dapat membentuk sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, cara penyampaian guru BK dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang harus dimiliki siswa haruslah memberikan pengaruh kuat agar siswa termotivasi untuk memiliki pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME.
Peranan guru BK menjadi bagian penting untuk dapat mencapai pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME. Pembelajaran serta pengenalan lebih dalam yang harus diterapkan dalam diri siswa oleh guru BK haruslah memenuhi kriteria. Selain itu, seorang guru BK harus mampu dan menanamkan sikap taat dan keingintahuan terhadap Tuhan YME yang pada akhirnya secara tidak langsung akan membentuk pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME. Jika dalam diri siswa telah termotivasi maka siswa akan terbiasa dan membiasakan diri untuk bersikap beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME.
Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara siswa dan guru BK harus memiliki komunikasi yang baik untuk dapat mencapai penerapan serta pemantapan antara Tuhan untuk saling memiliki sikap beriman dan bertaqwa.

Tidak ada komentar: